Ke Jogja dan Solo Naik Kereta dari Semarang

by - 8:32:00 PM

Jogja dan Solo merupakan sebuah kota yang asik untuk dikunjungi. Makin asik kalo perginya sama kamu, iya, kamu. Kha. Jadi sewaktu di bulan Maret, saya diajak Via, teman sekelas saya semasa putih abu – abu untuk ke Jogjakarta. Rumornya sih ingin ke UGM untuk cari jurnal. Doakan itu bukan sebuah wacana. Eh awalnya ide tersebut terbesit dari Arinta yang ingin mencari beberapa jurnal dan kebetulan Via sedang di Jogjakarta yaa kenapa tidak? Dan akhirnya biar tambah rame kami mengajak June. Niat hati ingin mengirit, akhirnya kami cari cara agar ongkos yang kami keluarkan tidak membengkak. Dan hingga akhirnya kami pun punya ide untuk naik kereta dari Semarang ke Jogja dengan transit ke Solo. Nah ini yang menjadi banyak pertanyaan. Kok bisa? Caranya gimana?

Jadi kalo pengen ke Jogja, kita akan menaiki kereta dulu ke Solo baru bisa untuk naik kereta ke Jogja. Hal ini dikarenakan di Semarang tidak ada kereta yang langsung ke Jogja. Kereta keberangkatan Semarang – Solo hanya satu kali jalan, yaitu sekitar jam setengah sembilan-an dan untuk kereta Solo – Semarang juga hanya satu kali jalan yaitu jam 05.00. Sedangkan kereta dari Solo – Jogja selalu ada setiap 1 jam sekali, begitu juga dengan sebaliknya. Sooo, here we go ke Solo dan Jogja naik kereta dari Semarang!

1. Beli tiket
Tiket bisa dibeli di Loket Pemesanan Tiket Stasiun Poncol nah bisa dibeli H-1 keberangkatan seharga Rp 10.000,00. Hal yang pertama kita lakukan adalah mengambil nomor antrian terlebih dahulu, setelah itu diminta untuk mengisi blangko yang isinya akan ditanya No. KTP, nama lengkap, nama kereta, No. Telp, dll gitu, kaya yang biasanya kalo kita mau pesen tiket kereta. Kalo beli sewaktu hari H sepertinya bisa karena sewaktu naik kereta pun juga masih banyak tempat duduk yang kosong, namun disarankan untuk membeli sebelum 08.45 (karena kereta akan berangkat jam segitu). Setelah nomor antrian kita dipanggil, kita diminta untuk membayarkan sejumah tiket yang akan kita pesan. Kereta dari Semarang ke Solo adalah Kereta Kalijaga dengan harga Rp 10.000,00 dengan jam keberangkatan 08.45 WIB. Tapi dikarenakan mampir dulu ke Stasiun Tawang, jam 09.00 WIB kereta baru berangkat.

2. Menikmati Perjalanan Semarang – Solo
Kereta yang kami naiki adalah kereta ekonomi. Tapi etss jangan salah, meskipun kereta ekonomi, ACnya juga lumayan dingin loh dan tempat duduknya juga nyaman. Tempat duduk juga ditentukan oleh tiket kita. Jadi di dalam tiket tertera nomor berapa bangku yang akan kita duduki. Meskipun perjalanan yang dilalui singkat, jangan pernah buang tiket kereta kita. Karena apa? Karena tiket tersebut akan di cek kembali oleh petugas kereta. Kalo laper? Dan pengen bersandar tapi ga ada pundak? Ya deritamu. Wkwk canda. Tenang saja karena nantinya ada petugas yang akan menawarkan minuman, makanan, bahkan bantal yang cocok untuk para jomblowan dan jomblowati untuk bersandar meski tak ada pundak. Jangan lupa juga abadikan moment di kereta untuk kenang – kenangan cuy selagi kereta yang kami tumpangi masih sepi. Atau mungkin juga bisa menikmati pemandangan melalui jendela bila bosan dengan perjalanan yang memakan 1. Terkadang, kereta yang kami tumpangi juga akan berhenti di beberapa stasiun kecil.

3. Sampai di Solo, langsung beli tiket untuk ke Jogja
Di Solo kami berhenti di Stasiun Balapan Solo. Sebenernya kita bisa turun di stasiun dimana saja, asalkan masih di Kota Solo. Sesampai di Solo sekitar jam 11.30 WIB sepertinya, nah kita langsung beli tiket untuk ke Jogja seharga Rp 8.000,00. Dulu waktu tahun 2016 tiket Solo – Jogja Rp 7.500,00 sekarang harganya makin naik. Mungkin tiap tahun harga tiketnya akan nambah Rp 500,00 per tahun kali ya. Jam kereta dari Solo ke Jogja selalu ada di setiap jamnya, jadi don’t worry kalo kalian takut ketinggalan kereta. Kereta yang kami naiki adalah Kereta Prameks dengan jam keberangkatan 12.10 WIB. Kalo kereta ini system tempat duduknya siapa cepat dia dapat. Jadi, di dalam tiket tidak ada nomor kursi. Dan yang perlu diingat bahwa jangan pernah buang tiket kereta. Dulu sewaktu tahun 2016 tidak ada yang namanya pegecekan tiket di dalam kereta, tapi di tahun ini tiket kereta akan dicek oleh petugas.

4. Sampailah di Kota Jogja
Kira – kira dengan membutuhkan waktu 2 jam, kami pun sudah sampai di Kota Jogja. Kalau tidak salah ingat sampai di Jogja pukul 13.35 WIB. Sama halnya dengan Solo, kita pun bisa turun di stasiun mana saja, asalkan kalau yang ini masih di Kota Jogja ya guys:”). Dulu saya pernah turun di Stasiun Tugu Jogja , namun sekarang kami memutuskan untuk turun di Stasiun Lempuyang.

Nah buat yang gabut, lagi ga ada kerjaan, pengen jalan – jalan singkat, atau pengen ke Jogja atau Solo tapi low budget bisa banget nih naik kereta. Biar jadi ala – ala traveler gitu, padahal mah traveler abal – abal. Padahal biasanya untuk menempuh perjalanan ke Jogja membutuhkan biaya sekitar Rp 85.000 dengan kira – kira 5 jam perjalanan. Namun dengan menggunakan kereta, kita hanya mengeluarkan Rp 18.000,00 dengan total hampir 5 jam perjalanan. Murah banget kan? Yuk naik kereta ((tapi jangan lupa ajak – ajak, ehehe)).

Jangan lupa nonton ini juga ya :D

You May Also Like

0 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D