Penpalling

by - 7:42:00 PM

Suka sama sesuatu yang memang belum saatnya memang sulit ya. Terkadang kita perlu menahan segala ego yang ada dalam diri kita, untuk lebih mementingkan sesuatu yang memang harus didahulukan. Sama halnya seperti seseorang yang jatuh cinta akan dunia persuratan. Banyak yang mengatakan hal tersebut tidak penting, bahkan tidak menguntungkan. Namun, bukankah setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melakukan “this is me time”-nya? Nah itu lho, this is my "me time". 

Here we go. Berawal dari sosial media yang bernama instagram, yang secara sengaja memfollow akun yang menampilkan gambar paper-paper crafting dan kali ini secara tidak sengaja saya membaca suatu comment. Salah satu teman dari orang yang punya akun tersebut bertanya (versi Indonesia), “Gimana sih caranya kamu bisa dapet teman dari luar negri?”. Dan si pemilik akun pun menjawab, “Coba deh kamu buka pake hastag #penpalwanted atau #penpalneeded dan kamu bisa comment di gambar itu.” Dan tingkat ke-kepoan ini membubung tinggi, hingga akhirnya saya mencoba tips tersebut di tengah-tengah Ulangan Akhir Semester. Bisa kebayang kan, kalau lagi addict tu ya..tetep addict, walaupun masih di pertengahan UAS. Konsentrasipun agak buyar seketika. Nice. Kelas 12 men. 

Berharapnya sih optimis. Seperti apa yang dibayangkan, melihat postingan-postingan instagram dengan incoming mail yang beragam. Ada yang ngasih coffee, tea, keychain, coin, souvenir khas dari negara mereka, dan blabla hal unik lainnya. Dan tiba-tiba temen-temen banyak yang tanya. Kebanyakan dari mereka mengingatkan kalau sekarang kelas 12. Belum UN. Iya, masih kelas 12. Baik sekali mereka masih mengingatkan. Dan sekarang, kamu Lit, iya..kamu, menemukan kesibukan lain. Nah iya kan, jatuh cinta di saat yang salah. Nggak salah sih sebenernya, memang belum waktunya aja #eceila. Seketika semua berubah menjadi galau. Kegalauan ini bertambah ketika para penpal tidak membalas surat saya. Nah kan, tambah galau. Namun saya tetap optimis! Karena apa? Ya karena memang international letter itu nyampe sekitar 3-4 mingguan. Itu bila kita ngirim dari Indonesia ke luar negeri. Belum kalau dia bales balik. Ya berarti 6-8 mingguan surat itu baru nyampe ke Indonesia lagi. 

Dan nggak nyangka sekarang udah 6 bulanan main kayak gitu. Nggak nyangka yang dulunya 6 taun lalu mikir, “Bisa nggak ya dapet surat dari luar negeri?” dan ternyata baru tau jawabannya sekarang. Jawabannya? Yesh you can nak :’) Tapi, nggak hanya belajar bahasa Inggris aja, kita juga bisa nambah temen, bisa lebih ngerti dan enak buat tanya kalo ada berita-berita yang lagi ngehits disana, ngenalin keunikan Indonesia yang beragam macam bentuknya. Dan yang penting bisa makin semangat belajar biar bisa keliling dunia. Keliling dunia? Yesh we can sob, aamiin. Masalah dapet coin, sticker, candy, teabag dan lain-lain itu mah bonus hehe. Jadi, jangan terlalu banyak berharap. Tinggal let it flow dan jalin pertemanan sebaik mungkin, insyaAllah bonusnya dapet++ deh. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat!



Dan satu lagi, penpalling nggak harus pakai barang-barang yang mahal. Pakai barang yang tidak terpakai di sekitar kita juga bisa. Everything can be used as long as you know how to manage it! ;)

You May Also Like

0 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D