Volunteer of Rumah Belajar (Sahabat Tenggang)

by - 9:46:00 PM

Awalnya ide ini udah lama. Gara-gara sering liat mbak-mbak dari universitas ternama di Jakarta yang suka ngepost kegiatannya sewaktu jadi volunteer di sebuah rumah belajar. Lalu saya berpikir, ada ga sih rumah belajar di Semarang? Akhirnya saya mencoba mencari melalui twitter dan taraa! Bertemulah dengan akun-akun tersebut. Akhirnya saya mencoba menghubungi mereka, salah satunya dari @SahabatTenggang. Saya mencoba menghubungi Kak Deka waktu itu, karena dia yang sering update mengenai kegiatan dari rumah belajar. Lalu saya beranikan diri untuk nge-mention dan nge-dm Kak Deka, then I’m here now.

Pertama kali saya dateng bareng Ami, yang sama-sama belum tau liburan mau ngapain. Lalu diajak masuk sama Kak Deka ke rumah Pak Sudiasto. Nah, rumah Pak Sudiasto lah yang digunakan sebagai tempat proses pembelajaran, namun ruang pembelajaran berada di lantai dua. Sewaktu kami menaiki anak tangga satu-persatu, terdengar suara anak-anak yang lagi menyanyi. Yap, mereka lagi latihan untuk pentas esok hari Minggu. Semuanya kelihatan antusias dan semangat banget, apalagi dek Riko yang baru kelas 2 SD. Dia ngebaca teksnya fokus dan nyanyinya penuh semangat. 

Jadi di hari Minggu adalah acaranya Lensa (Lentera Nusantara) yang telah berbaik hati menyumbangkan buku untuk anak-anak Sahabat Tenggang. Lensa adalah suatu komunitas dimana para kakak-kakaknya mengumpulkan buku-buku yang akan disumbangkan ke orang yang lebih membutuhkan. Alhamdulillaah mulia sekali. 

Pentas kali ini dilaksanakan di salah satu ruangan kelas dari SD yang berada di dekat rumah Pak Sudiasto (di kawasan Tenggang). Dan tepat di depan SD terdapat makam, dimana sekitar makan berserakan sampah. Ya Allah...

Tepat di depan rumah Pak Sudiasto.

Perjalanan dari SD menuju ke rumah Pak Sudiasto :D

"Sugeng Rawuh! :)"

Pemberian secara simbolis dari Lensa (Lentera Nusantara) kepada Kak Dwi, salah satu pendiri atau sesepuhnya Rumah Tenggang

Yeay game! Disini, saya belajar berbagai macam game versi anak-anak. Contohnya seperti "pak polisi bertanya", "banana", "power boost", dan berbagai nyanyian lainnya. I miss my childhood for sure..

Ini adalah salah satu penampilan dari adek-adek Sahabat Tenggang, yaitu paduan suara. Mereka nyanyiin lagu "Guruku", "Keluarga Cemara", dan jinglenya "Sahabat Pulau" yang secara nggak langsung bikin lumayan hafal :')

Don't forget to smile :)




 From Sahabat Tenggang, Lensa, and volunteers :)

Seusai acara, kami sharing-sharing tentang kegiatan dari pagi sampai siang. Lalu akhirnya saya perkenalan dan dikasih "power boost" hahaha, kakak-kakaknya welcome banget. Jadi, kebanyakan volunteer dari Sahabat Tenggang adalah kakak mahasiswa. Dan quote manis dari Sahabat Tenggang, “Volunteer is the real heart product.” That’s why kakak-kakak disini emang ikhlas sepenuh hati meluangkan waktunya buat ngajarin anak-anak hingga Sahabat Tenggang saat ini sudah berumur 1 tahun.

Biasanya Sahabat Tenggang ngajar 2 kali dalam seminggu, tiap Senin dan Jumat dari jam16.00-17.30. Saya memang belum pernah datang waktu ngajarnya, semoga nanti bisa berkesempatan untuk datang. Just wait for it ya. Adakah yang mau join? Ikutan ajaaa! And the last, semangat yuk untuk jadi insan bermanfaat! Semangat juga untuk memajukan pendidikan Indonesia. Selamat belajar semuanya! Semoga Tuhan dan semesta selalu mendukung :)

You May Also Like

2 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D