Hujan Manis

by - 5:54:00 PM

Taukah kau bulan apakah kali ini? Januari. Bulan pertama di taun 2014. Bulan yang dipenuhi oleh ucapan ulang tahun. Bulan penuh ujian. Bulan penuh hujan. Bulan dimana rindu berjatuhan tak tersampaikan. Akan ada seseorang yang bersandar menatap jendela. Jendela sekolah mungkin. Mengharap seseorang yang muncul dibalik embun hujan. Atau jangan-jangan bukan insan. Yang selalu muncul di pagi hari dan membawa berbagai sinar. Cukup menghangatkan, mungkin. Teruntuk di Januari ini. Semoga Tuhan segera membawanya kemari.

Entah apa yang membuat seseorang teringat akan masa lalunya ketika hujan turun. Mereka berekspresi, mengungkapkan apa yang mereka rasa, apapun itu di sosial media. Peristiwa yang mereka alami bersamaan dengan air yang dengan riangnya berjatuhan dari langit, mungkin. Peristiwa manis atau pahit, kita tak tahu. Hanya Tuhan dan ialah yang mengerti. 

Aku selalu berpikir ketika hujan turun. Kubuka memory di dalam otakku. Barang kali, ada sesuatu hal yang membuatku rindu akan hujan. Kubuka dan terus kubuka. Ternyata, memang tidak ada. Namanya juga manusia, iri hatipun tentu ada. Ingin sekali ada sesuatu hal yang membuatku teringat akan peristiwa turunnya air dari langit, semoga hal itu adalah baik.

Apakah kau tau hari ini hari apa? Selasa. Hanya Selasa, sore, Januari, dan air yang menjadi saksi bisuku. Entah apa yang membuatku lengah akan hal ini. Menikmati perjalanan memang menyenangkan. Tentu akan menyenangkan apabila kita duduk sebagai penumpang. Namun, sayangnya aku menikmati dengan hal yang salah. Dan akhirnya aku terjatuh, di dalam genangan air yang sedang membanjiri jalan menuju pulang. Dibantu dengan beberapa warga, aku melihat badanku sudah setengah basah. Rokku basah, tasku basah, jaketku apalagi. Bukan hanya itu, sadarkah kau apa yang lebih penting? Pengendara lain yang berada di belakangku. Melihatku terjatuh dan bangkit dalam keadaan basah. Memalukan dan menjijikan. Jangan kau bayangkan bagaimana ekspresiku waktu itu.

Mungkin ini terlihat berlebihan, namun memang itulah adanya. Semua peristiwa hujan sore ini membawa banyak pelajaran. Apapun itu, mungkin saat ini aku lelah..

You May Also Like

1 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D