Cara membuat pizza

by - 3:34:00 PM

Happy holiday! Kemarin Sabtu, saya dan saudara di rumah mencoba membuat pizza. Banyak yang bilang kalau bikin pizza itu sulit dan repot, hal itu memang benar adanya. Setelah mencoba membuat, ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Bahan-bahannya pun juga mudah di dapat, bagian tersulit dari bahan yaitu keju mozarella. Keju mozarella memang harganya agak lumayan mahal karena keju tersebut memiliki kelebihan dari keju yang lain, yaitu dapat meleleh. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan keju cepat leleh, ya meskipun tak seenak keju mozarella. Akhirnya saya jadi paham kenapa pizza itu mahal. Hal tersulit dari cara membuat pizza adalah bagaimana cara membuat kalis pada adonan. Daripada penasaran atau mungkin ngiler ngebayangin bentuk pizza itu kayak gimana, let’s check this outt!


Bahan :
1. Tepung terigu (350 gr)
2. Ragi (7 gr)
3. Air hangat (250 ml)
4. Minyak goreng (2 sdm)

Bahan Toping :
1. Saus Tomat
2. Bawang bombay
3. Jamur
4. Sosis
5. Keju mozarella / keju cepat leleh
6. Paprika

Cara pembuatan :
1. Capur ragi dan air hangat, lalu aduk. Tunggu sampai ragi mengeluarkan gelembung, tanda bahwa ragi sudah aktif.
2. Campurkan ragi yang sudah bergelembung ke dalam tepung terigu. Lalu aduk hingga kalis (tidak menempel lagi ke tangan). Dan tunggu selama 1 jam, karena adonan tersebut akan mengembang dengan sendirinya.
3. Pukul-pukul adonan tepung terigu yang sudah mengembang tersebut ke dalam loyang berbentuk bundar lalu ratakan. Isi adonan tersebut dengan saus tomat, bawang bombay, paprika, jamur, sosis, yang sudah dipotong-potong. Lalu baru taburkan dengan keju mozarella.
4. Masukan ke dalam open yang sebelumnya sudah di panaskan selama +- 1 jam dengan 90-80 derajat.
5. Taraaaaaaa! Pizza sudah jadi :D






Sayangnya pizza yang kali ini dibuat gagal. Karena nggak sabar buat nyicip, jadi waktu ngovennya nggak sesuai peraturan. Tapi rasanya tetep enak kok, soalnya dimakan bareng-bareng hehe. Let's try it! :D

You May Also Like

0 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D