Cara membuat takoyaki

by - 9:41:00 PM

Selamat berlibur guys! Jadi liburan ini saya bersama para kurcaci rumah (baca : adek) akan belajar memasak, yeheey! Sebenernya udah lamaaaaaa pengen bikin masakan Jepang dan nggak tau kenapa yang terbesit di fikiran saya saat ini adalah Takoyaki dan Sushi. Berhubung Sushi membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk membuatnya, maka kali ini saya memilih Takoyaki sebagai menu pertama masakan Jepang yang akan dimakan untuk siang ini. Nggak tau Takoyaki? Oke gampang, jadi Takoyaki itu ya makanan khas Jepang hehe -_- Bentuknya bulet, digoreng, kenyel, dan dikasih saus mayonaise. Cara buatnya? Juga lumayan hehe bahannya simple dan di pasar Indonesia juga banyak yang jual. Habis itu langsung searching google dan bersiap pergi ke supermarket deket rumah deh. Saya masak dibantu dengan adek saya, sebut saja dia dengan sebutan Chef Kiki. Dan parahnya, dia numpahin beberapa adonan waktu dia nyobain ngaduk. Haha parah! Waktu Tako mulai digoreng, nggak tau kenapa malah teksturnya kayak telur tapi dalemnya kayak Tako beneran. Haha beneran parahhh, ya nggak papa yang penting tetep enak.

Bahan-bahan Takoyaki
Bahannya : 
1. 400 ml air
2. 200 gr tepung terigu
3. 2 kuning telur, 4 putih telur
4. 2 sdm margarine cair
5. 1/2 sdt baking powder
6. 1/2 sdt kaldu ayam
7. saus/mayonaise
8. garam secukupnya
9.  katsuobushi/nori (sbg toping)
10. bakso/jamur (sbg isi takoyaki. sebenernya pake octopus, tp bisa pake apa aja :D)


Cara :
1. Kocok telur, garam, dan air
2. Campurkan lalu aduk adonan diatas dengan tepung terigu, baking powder, kaldu ayam, mentega cair
3. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak, masukan adonan ke dalam cetakan wajan
4. Masukan isi takoyaki (bisa pake octopus, keju, etc. tapi kalau mau yang murah bisa pake bakso, jamur, sosis, etc. bebas :D)
5. Sebelum takoyaki matang secara keseluruhan, takoyakinya langsung dibolak-balik
6. Tunggu sampai coklat keemasan
7. Tiriskan dan sajikan ke dalam piring
8. Berilah saus mayonaise. kalo pengen pedes, campurin aja mayonaise dan saus sambal, lalu tumpahin ke takoyakinya
9. Beri takoyaki dengan toping. Berhubung katsuobushinya susah dicari, pake nori juga bisa.
10. Dan yang terakhir, takoyaki bisa dinikmati. Tapi jangan lupa baca doa dulu :D


  Ceritanya chef Kiki lagi motong baksonya 

Sebelum mateng

Hampir mateng, dan nyaris mateng

Sudah mateng. Harusnya topingnya itu pake kastuobushi, berhubung susah dicari akhirnya pake nori hehehe.  So simple! Trus tulisan Jepang yang tulis pake huruf Hiragana itu bacanya Takoyaki, dan paling enak dimakan waktu lagi anget-angetnya.

Taraaaaaaaa~ chef Kiki with his takoyaki

You May Also Like

4 komentar

Haloooo! Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar ya! :D